Senin, April 25, 2011

menggunakan waktu secara efektif

Teknik-Teknik Manajemen Waktu
Identifikasikan tujuan-tujuan khusus harian
Motivasi dari dalam
Tetapkan batas waktu
Manfaatkan telepon
Buatlah catatan
Janganlah melakukan segala-galanya
Tetapkan waktu tertentu utk bekerja
Ajukan pertanyaan-pertanyaan sebelum memulai pekerjaan ? apa, di mana, kapan, siapa, bagaimana, mengapa


Berorientasilah pd tindakan
Berlakulah reflektif
? berarti memetik hikmah dari kegiatan masa lampau,
sekarang dan yg akan datang
Rencanakan hari esok secara terperinci
Bergurulah pd pengalaman
Tanyakan penggunaan waktu anda
- Apakah saya menetapkan prioritas ketika
memutuskan kegiatan yg harus dilakukan ?
- Apakah kegiatan saya terjadwal sehingga dpt
dilaksanakan dlm jangka waktu yg masuk akal ?
- Apakah saya mampu berkonsentrasi atas satu
kegiatan scr berturut-turut ?
- Kegiatan manakah yg sedang saya lakukan yg
seharusnya tdk saya lakukan atau dpt didelegasikan
kpd orang lain ?


Petunjuk Utk Menghemat Waktu
Rapat dan konferensi bisnis dijadwal sedekat mungkin dg waktu makan
Adakan sistem filing yg sederhana
Perintahkan sekretaris utk menyaring telepon ? anda hanya perlu menjawab yg benar-benar perlu
Meja haruslah bersih, kecuali yg benar-benar dibutuhkan ? konsentrasi dan fokus
Kenalilah jam-jam kerja puncak anda
Silahkan merancang pelbagai kegiatan lebih banyak dari yg kira-kira dpt dilakukan ? akan memaksa utk berpikir dg hemat waktu
Mengurangi Tekanan Waktu
Caranya dg mengatur dan menggunakan waktu melalui perencanaan
Jangka pendek ? dpt dilakukan dg teratur dan harus menggariskan sasaran-sasaran khusus setiap hari
Jangka panjang ? akan berhubungan dg tujuan-tujuan selama satu bulan
Membuat Daftar yg Harus Dikerjakan ? berfungsi sbg peringatan yg baik ? buku harian / buku catatan
Menganalisis Penggunaan Waktu ? hasil selama 1 bln utk meninjau kembali kegiatan-kegiatan lampau dan memberikan pedoman utk kegiatan yg akan datang ? waktu dpt digunakan dg lebih efisien

Tidak ada komentar:

KUNtilanak galeri

KUNtilanak galeri

sapa yang masuk?

  • http://kunto-anggoro.blogger.com

Mengenai Saya

Foto saya
Luka hati tak akan bisa hilang sampai ajal menjemput