Senin, April 25, 2011

perencanaan bisnis

2 Macam Kegiatan Perencanaan dlm Bisnis
Kegiatan kewirausahaan
- mengadakan kontak dg bankir,
akuntan, pengacara ? orang-orang lain
yg membantu aspek finansial dan hukum
- survei pemasaran, riset produk,
merancangkan anggaran
Kegiatan rutin
- menyiapkan laporan keuangan,
memanajemeni arus produksi, memasarkan
produk / jasa
PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN
Tdk boleh ada keputusan penting yg ditetapkan tanpa sepengetahuan dan persetujuan pemilik (pebisnis)
Pebisnis harus memegang kendali yg ketat atas aspek yg bersifat wirausaha bisnis dan mendelegasikan pengendalian atas aspek rutin kpd staf
Perencanaan dan pengendalian bisnis akan berhasil sejauh kegiatan itu berkaitan langsung kpd kebutuhan dan sasaran perusahaan

Perencanaan bisnis dapat ditinjau dari 2 cara :
Perencanaan jangka panjang
- lebih umum dlm tujuan dan hasil yg
dirancangkan
- seiring waktu sehingga keadaan berubah ?
rencana dapat berubah sesuai keadaan
- bagilah menjadi beberapa tahap (waktu setiap
tahap menjadi pendek) ? dpt mengendalikan
hasil pelbagai tahap dg lebih baik
- utk memonitor penerapan ? buat daftar
periksa
Perencanaan jangka pendek

TANGGUNG GUGAT
Hasil perencanaan yg baik ? punya faktor-faktor tertentu utk menilai prestasi dlm menyelesaikan tugas
Keberhasilan dlm bisnis lebih pasti jika dilaksanakan perencanaan yg benar dan jika setiap orang dlm organisasi (perusahaan) sadar akan tanggungjawabnya atas tugas-tugas tertentu
Jika setiap orang tahu bila dia diminta bertanggung-gugat atas pekerjaannya dan diharapkan berprestasi pd tingkat tertentu ? dia lebih mungkin mencapai hasil yg baik
PERENCAAN UTK PERTUMBUHAN PERUSAHAAN
Umumnya yg merencanakan pertumbuan perusahaan ? tugas manajemen puncak
Semakin tinggi kedudukan seseorang dlm organisasi ? semakin banyak waktu yg dia gunakan utk aspek perencanaan dan sedikit waktu utk aspek operasi bisnis
Rencana-rencana dpt ditetapkan 3 atau 4 bln sebelum penerapan
Perencaan harus meliputi persiapan utk perluasan bisnis dg memasuki pasar-pasar baru

Harta terpenting dari sebuah organisasi adalah orang-orangnya
Jika mereka berorientasikan tindakan dan mampu mengambil keputusan tanpa ketergantungan pd orang lain ? perusahaan akan memiliki unsur-unsur utk pertumbuhan
Perencanan utk pertumbuhan bisnis tdk pernah membosankan (rutin)
Pertumbuhan menghendaki perubahan dan menghendaki seorang wirausaha yg kreatif dan berbakat utk mengembangkan organisasi yg lebih baik
MENETAPKAN PRIORITAS
Pendelegasian kegiatan rutin kpd karyawan akan memungkinkan seorang wirausaha punya waktu utk aspek-aspek bisnis yg lebih penting
Perencanaan akan membantu seorang wirausaha dlm mengenali kegiatan-kegiatan yg paling menghendaki perhatian dan waktu bagi dirinya

Tidak ada komentar:

KUNtilanak galeri

KUNtilanak galeri

sapa yang masuk?

  • http://kunto-anggoro.blogger.com

Mengenai Saya

Foto saya
Luka hati tak akan bisa hilang sampai ajal menjemput